Saturday 7 April 2012

Setrategi Marketing e-Bussines

KARYA ILMIAH

STRATEGI MARKETING E-BUSSINES

BAB 1
PENDAHULUAN
    A.    ABSTRAK E-BUSINESS
Bentuk E-Business berkembang dari waktu ke waktu seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih. E-Mall merupakan salah satu contoh bentuk bisnis yang sistem E-commerce dengan berbagai macam toko online. E-Business menawarkan kemudah dalam proses penjualan dan pembelian. Dan biaya yang digunakan lebih hemat dan efisien.
Dalam studi ini, kita mengintegrasikan dua perspektif untuk mengembangkan pemahaman yang lebih holistik driver yang mendasari kinerja e-businesss. Selanjutnya, teknik kelas laten pemodelan digunakan untuk menunjukkan bahwa variabel dalam penelitian kami sangat dipengaruhi oleh heterogenitas yang tidak teramati di seluruh perusahaan. Empat perusahaan yang berbeda jenis mengisi data kami, dan hubungan antara kinerja dan faktor-faktor penentu yang mendasarinya sangat bervariasi antara mereka. Implikasinya adalah bahwa model tunggal tidak dapat menjelaskan hubungan antara lingkungan, struktur, kelayakan, keyakinan manajerial dan kinerja. Hal ini penting untuk pemahaman kita tentang e-business seperti ini menunjukkan bahwa ada homogenitas jauh lebih sedikit pada tingkat perusahaan individu daripada biasanya diasumsikan dalam literatur.

     B.     APA ITU MARKETING ??
Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah E-Marketing  adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan  untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan   mengembangkan dialog berkelanjutan.
c. Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang     terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
d. Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
e. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat     cepat.
f. Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
g. Dapat mengawasi pesaing
h. Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
i. Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.



BAB 2
                                                               PEMBAHASAN                                      
    A.    E-STRATEGI MARKETING
Ada banyak aspek yang mengarah pada keberhasilan bisnis di industri ini. pemasaran merupakan salah satu aspek penting seperti yang membuat bisnis berkembang. Secara umum, strategi e-marketing terdiri dari langkah-langkah yang diambil dan prosedur diikuti untuk pemasaran brand melalui webPusat atraksi dalam strategi e-marketing merupakan website perusahaan yang pengguna internet harus tertarik untuk meningkatkan penjualan. Tapi pertama, website perusahaan perlu di desain yang tepat, format menarik, dan satu yang akan mempunyai kesan yang baik pada calon pembeli.
            Komponen penting lainnya dari sebuah strategi e-marketing efektif adalah pemasaran email yang semua pengiriman informasi tentang produk dan layanan kepada pelanggan potensial menggunakan email. Hal ini juga sangat baik bisnis pemasaran teknik untuk membangun hubungan bisnis yang baik dengan pelanggan potensial, serta calon klien.

   B.     LANGKAH-LANGKAH STRATEGI DALAM PERIKLANAN  E-BUSINESS
            Periklanan adalah penggunaan media bayaran oleh seorang penjual untuk mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk (ide, barang, jasa)ataupun organisasi dan merupakan alat promosi yang kuat.
            Strategi periklanan pada E-Business merupakan proses 5 tahap yang dikenal dengan 5M yang terdiri dari penetapan tujuan (Mission), keputusan tentang anggaran (Money), keputusan pesan (Message), penetapan media (Media), dan evaluasi mengenai keputusan kampanye (Meassurment).

   C.     STRATEGI SEGMENTASI PASAR
1.      Pasar Sasaran
Para penjual dapat mengambil tiga pendekatan kepada pasar. Pemasaran massal adalah keputusan untuk memproduksi secara massal satu produk dan berusaha memikat segala jenis pembeli.
Salah satu keuntungan periklanan lewat internet adalah kemampuannya dalam kustomisasi iklan agar sesuai dengan pengunjung perorangan.
2.      Segmentasi Pasar
a.       Segmentasi Geografi
Merupakan  pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda.
b.      Segmentasi demografi
Pengelompokan pasar berdasarkan variable-variablependapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penghasilan, jumlah penduduk, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi dll.

    D.    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM MEMBANGUN
E-BUSINESS
·         Personalisasi
Kemampuan mengenali dan membidik pasar dalam rangka membangun hubungan dengan relasi.
·         Privasi
Mengolah data dan informasi pelanggan dan menjaga kebijakan privasi setiap orang
·         Layanan Pelanggan
Layanan pelanggan diperlukan dalam proses transaksi dengan para pelanggan. Dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
·         Komunitas
Memiliki komunitas untuk membangun jaringan relasi
·         Situs
Kemampuan memberikan nama yang menarik dan mudah di ingat oleh pelanggan pada web yang kita buat.
·         Keamanan
Memberikan rasa aman untuk pelanggan saat melakukan transaksi dan meyankinkan bahwa semua bukan penipuan.
·         Promosi Penjualan
Kemampuan mempromosikan produk yang kita sediakan pada khalayak umum.

    E.     REFERENSI
http://www.palgrave-journals.com
http://jurnal-sdm.blogspot.com
http://www.buzzle.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants