KARYA ILMIAH
STRATEGI MARKETING E-BUSSINES
BAB
1
PENDAHULUAN
A. ABSTRAK
E-BUSINESS
Bentuk E-Business berkembang dari waktu ke waktu seiring berkembangnya
teknologi yang semakin canggih. E-Mall merupakan salah satu contoh bentuk
bisnis yang sistem E-commerce dengan berbagai macam toko online. E-Business menawarkan kemudah dalam proses penjualan dan
pembelian. Dan biaya yang digunakan lebih hemat dan efisien.
Dalam studi ini, kita mengintegrasikan
dua perspektif untuk mengembangkan pemahaman yang lebih holistik driver yang mendasari kinerja e-businesss.
Selanjutnya, teknik kelas laten pemodelan digunakan untuk menunjukkan bahwa
variabel dalam penelitian kami sangat dipengaruhi oleh heterogenitas yang tidak
teramati di seluruh perusahaan. Empat perusahaan yang berbeda jenis mengisi
data kami, dan hubungan antara kinerja dan faktor-faktor penentu yang
mendasarinya sangat bervariasi antara mereka. Implikasinya adalah bahwa model
tunggal tidak dapat menjelaskan hubungan antara lingkungan, struktur,
kelayakan, keyakinan manajerial dan kinerja. Hal ini penting untuk pemahaman
kita tentang e-business seperti ini menunjukkan bahwa ada homogenitas jauh
lebih sedikit pada tingkat perusahaan individu daripada biasanya diasumsikan
dalam literatur.
B. APA
ITU MARKETING ??
Pengertian tentang E-Marketing menurut
Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce,
yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk
mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui
internet.
Keuntungan yang dapat diberikan
dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal
(1996:18) yaitu:
a.
Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi
oleh pesaing.
b.
Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
c.
Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data
files dapat dipindahkan kepada konsumen yang
terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
d.
Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati
jalur distribusi klasik.
e.
Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan
dalam rencana penjualan dengan sangat
cepat.
f.
Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan
hasil yang didapat.
g. Dapat mengawasi pesaing
h. Menciptakan dialog antara
perusahaan dengan konsumen
i.
Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau
file transfer.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. E-STRATEGI
MARKETING
Ada
banyak aspek yang mengarah pada keberhasilan bisnis di industri ini. pemasaran merupakan salah satu aspek penting seperti
yang membuat bisnis berkembang. Secara umum, strategi
e-marketing terdiri dari langkah-langkah yang diambil dan prosedur diikuti
untuk pemasaran brand melalui webPusat atraksi dalam strategi e-marketing
merupakan website perusahaan yang pengguna internet harus tertarik untuk
meningkatkan penjualan. Tapi pertama, website perusahaan perlu di desain yang
tepat, format menarik, dan satu yang akan mempunyai kesan yang baik pada calon
pembeli.
Komponen
penting lainnya dari sebuah strategi e-marketing efektif adalah pemasaran
email yang
semua pengiriman informasi tentang produk dan layanan kepada pelanggan
potensial menggunakan email. Hal ini juga sangat baik bisnis
pemasaran
teknik untuk membangun hubungan bisnis yang baik dengan pelanggan potensial,
serta calon klien.
B.
LANGKAH-LANGKAH STRATEGI DALAM PERIKLANAN E-BUSINESS
Periklanan
adalah penggunaan media bayaran oleh seorang penjual untuk mengkomunikasikan
informasi persuasif tentang produk (ide, barang, jasa)ataupun organisasi dan
merupakan alat promosi yang kuat.
Strategi
periklanan pada E-Business merupakan proses 5 tahap yang dikenal dengan 5M yang
terdiri dari penetapan tujuan (Mission),
keputusan tentang anggaran (Money),
keputusan pesan (Message), penetapan
media (Media), dan evaluasi mengenai
keputusan kampanye (Meassurment).
C.
STRATEGI SEGMENTASI PASAR
1.
Pasar Sasaran
Para penjual dapat mengambil tiga pendekatan
kepada pasar. Pemasaran massal adalah keputusan untuk memproduksi secara massal
satu produk dan berusaha memikat segala jenis pembeli.
Salah satu keuntungan periklanan lewat
internet adalah kemampuannya dalam kustomisasi iklan agar sesuai dengan
pengunjung perorangan.
2.
Segmentasi Pasar
a.
Segmentasi Geografi
Merupakan
pembagian pasar menjadi unit-unit
geografis yang berbeda.
b.
Segmentasi demografi
Pengelompokan pasar berdasarkan variable-variablependapatan, jenis
kelamin, pendidikan, jumlah penghasilan, jumlah penduduk, ukuran keluarga,
siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi dll.
D.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAM MEMBANGUN
E-BUSINESS
·
Personalisasi
Kemampuan mengenali dan membidik pasar dalam rangka membangun hubungan dengan
relasi.
·
Privasi
Mengolah data dan informasi pelanggan dan menjaga kebijakan privasi
setiap orang
·
Layanan Pelanggan
Layanan pelanggan diperlukan dalam proses transaksi dengan para
pelanggan. Dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
·
Komunitas
Memiliki komunitas untuk membangun jaringan relasi
·
Situs
Kemampuan memberikan nama yang menarik dan mudah di ingat oleh pelanggan
pada web yang kita buat.
·
Keamanan
Memberikan rasa aman untuk pelanggan saat melakukan transaksi dan
meyankinkan bahwa semua bukan penipuan.
·
Promosi Penjualan
Kemampuan mempromosikan produk yang kita sediakan pada khalayak umum.
E.
REFERENSI
http://www.palgrave-journals.com
http://jurnal-sdm.blogspot.com
http://www.buzzle.com
0 comments:
Post a Comment