STRUKTUR SISTEM KOMPUTER
Komponen Dasar Sistem Komputer :
1 1. Hardware / Perangkat Keras
- Penyedia sumber daya untuk komputasi dasar.
Contoh :Memory, CPU, I/O
2 2. Software / Perangkat Lunak
- Operating system : Mengkontrol dan
mengkoordinasi penggunaan hardware antara berbagai aplikasi dan pengguna.
- Application programs : mendefinisikan cara
penggunaan sumber daya sistem dan persoalan komputasi yang dialami pengguna
Contoh : Word processors, compilers, web browsers, database
systems, games
3 3. Brainware / Pengguna
Skema Sistem Komputer
Kelas – Kelas Komputer
1 1. Menurut Ukuran Komputer:
- Grid Computer/ Super Computer
- Mainframe/ Enterprise System
- Minicomputer
- Workstation
- Desktop Computer
- Desknote
- Laptop / Notebook
- Handheld Computer
- Embedded System
2. Menurut Karakteristik
- Single Processor = Komputer yang hanya memiliki satu prosesor.
- Multiprocessor = Komputer yang memiliki lebih dari satu prosesor.
- Personal Computer = Komputer yang digunakan oleh hanya satu orang dalam satu waktu (umumnya).
- Distributed System = Komputasi yang dikerjakan dengan beberapa prosesor.
- Clustered System = Gabungan dari beberapa sistem individu yang saling berbagi tempat penyimpanan data (storage) dan saling terhubung dalam jaringan local.
- Real Time System = Sebuah sistem yang mengutamakan ketepatan waktu dalam eksekusi satu buah tugas.
=> Grid Computer/Super Computer
- Kumpulan dari banyak komputer yang dikembangkan dalam sebuah computer-farm
- Pengembangan dari Mainframe dan Desktop
- Menggunakan banyak CPU untuk menghasilkan output maksimal
- Kumpulan cluster system
=> Mainframe System
- Kumpulan dari device-device yang berfungsi sama atau bermacam-macam yang disatukan dalam sebuah sistem yang saling berbagi
- Mengumpulkan job-job yang mirip
- Secara otomatis berpindah dari satu job ke job yang lain
Tipe Alokasi Job
1. Batch System
- Job yang mempunyai kesamaan kebutuhan sumber daya dikumpulkan(secara sequensial)
- Ketika komputer dalam keadaan siap maka CPU menjalankan masing-masing kumpulan job tersebut sebagai sebuah kelompok.
- Diekseksui secara bergantian
- User yang mengoperasikan
2. 2. Multiprogramming:
- Job disimpan di main memory pada waktu yang sama
- CPU dipergunakan bergantian oleh job-job tersebut
- Dikerjakan oleh OS
- Ada background dan foreground proses
- Dibutuhkan Kemampuan OS:
- Penyediaan I/O routine
- Pengaturan memory, untuk mengalokasikan memory untuk masing Job
- Penjadwalan CPU, untuk memilih job mana yang akan dijalankan
- Pengalokasian untuk hardware lain
3. Time-Sharing System/Multitasking - Interactive Computing
- CPU digunakan bergantian oleh job-job di memori dan di disk
- Waktu dibatasi (Response time harus < 1 detik)
- CPU dialokasikan hanya pada job yg ada di memory = CPU schedulling
- Job dipindahkan dari dan ke disk = swapping dan virtual memory
- Terjadi komunikasi antara user dan sistem operasi
- Setelah sistem operasi menyelesaikan satu perintah ia mencari perintah berikutnya dari user
=> Multiprocessing System :
- Sistem memiliki lebih dari satu CPU untuk memproses satu atau lebih program
- Resource digunakan bersama-sama
- Sering disebut Tightly Coupling System
- Multiprocessing System ada 2 :
1. Paralel System
- Menggunakan bus, clock, memory dan lainya secara bersamaan.
- Setiap Prosesor mengerjakan jenis job yang
berbeda.
- Keuntungan : Proses lebih cepat dan biaya murah
- Kerugian : - Kesibukan prosesor berbeda beda.
· - Bisa menggagalkan seluruh proses jika ada salah
satu prosesor yang rusak.
=> Distributed System
- Melaksanakan komputasi secara terdistribusi diantara beberapa prosesor, tidak digunakan bersamaan.
- Loosely coupled system : Setiap prosesor mempunyai local memory / resource. - Komunikasi terjadi melalui bus atau jalur telepon / LAN
- Keunggulan: - Pembagian sumber daya - Komputasi lebih cepat
- Model: - Client-Server Systems - Peer-to-peer (P2P) System
Peer to Peer Vs Client Server
Ø
P2P tidak membedakan client dan server
- Semua node yang terhubung disebut dengan peer
- Satu node bersifat sebagai client dan sekaligus sebagai
server
- Node harus terhubung dalam jaringan P2P
Ø
Menggunakan service melalui discovery protocol
- Contoh: Napster and Gnutella, Torrent
- Menggunakan torrent client: utorren
=> Real Time System
- Sistem yang mampu menyelesaikan proses dalam interval waktu tertentu. Jika tidak selesai maka sistem gagal.
- Sering digunakan dengan device pengendali dalam sebuah penggunaan khusus - misal: eksperimen ilmiah, industri, medis
- Model
- Hard Real TimeØ Menjamin proses yang paling penting selesai dalam interval waktu yang benar dan tertentuØ Tidak dapat dipadukan dengan sistem jenis lain (mis. Time-Shared System )
- Soft Real Time
Ø
Menjamin proses yang paling penting mendapat
prioritas tertinggi untuk diselesaikan.
Ø
Dapat dipadukan dengan sistem lain.
=> Computer System Organization
Ø
Operasi-operasi Sistem Komputer
- Satu atau lebih CPU, device controllers
terhubung dalam jalur bus untuk mengakses shared memory
- Concurrent execution dari CPU dan adanya kebutuhan devices berebut mendapatkan
resource
- Eksekusi Program yang berisi instruksi
- - Instruksi Baca (fetch) CPU dari memori
- - CPU mengeksekusi tiap instruksi
Operasi I/O
Dua macam tindakan jika ada operasi I/O:
1. Setelah proses I/O dimulai,
kendali akan kembali ke user program saat proses I/O selesai (Synchronous).
- Instruksi wait menyebabkan CPU idle sampai interrupt berikutnya.
- Wait loop - untuk menunggu akses berikutnya
- Paling banyak satu proses I/O yang berjalan dalam satu waktu.
2. Setelah proses I/O dimulai,
kendali akan kembali ke user program tanpa menunggu proses I/O selesai
(Asynchronous).
- System call – permintaan pada sistem operasi untuk mengizinkan user menunggu sampai I/O selesai
- Device-status table mengandung data untuk tiap I/O device yang berisi tipe, alamat, dan keadaannya
- Digunakan untuk I/O device yang dapat memindahkan data dengan kecepatan tinggi (mendekati frekuensi bus memori)
- Device controller memindahkan data secara blok-blok dari buffer, langsung ke memory utama / sebaliknya tanpa campur tangan prosesor
- Dulu per karakter, 2 ms per kar + 2 untuk interrupt
- Interrupt hanya terjadi tiap blok bukan tiap word / byte
- Seluruh proses DMA dikendalikan oleh sebuah controller bernama DMA Controller (DMAC)
- Ada 2 DMA:
- Third party: ada di motherboard
- First party: dibagian logic di interface card per device
0 comments:
Post a Comment